Yayasan Beri Wadah Disabilitas Berekspresi Melalui Modeling

Apa kabar abilities? Masih lancarkah puasanya? 

Berbicara soal puasa, tahukah abilities bahwa Yayasan Peduli Kasih ABK bulan ini gelar lomba daring Fashion Show at Home dengan tema Busana dengan Modeling Inklusif.

Karena lomba ini digelar secara daring, maka peserta mengirimkan hasil videonya secara online. Hal ini tentu memudahkan bagi seluruh disabilitas di Indonesia untuk berpartisipasi.

Lomba ini sendiri membuka pendaftaran dan pengumpulan vidio sejak tanggal 3-17 Maret 2024. Sebelumnya panitia sempat khawatir, karena pada awal tidak banyak pendaftar. Namun diluar dugaan, mendekati penutupan terhitung ada sejumlah xx peserta yang berpartisipasi. 

Bersama dengan juri profesional yakni Aryani Widagdo, Founder of Arva School of Fashion, Surabaya. Director of Aryani Widagdo Creativity Nest. Alben Ayub Andal, Fashion Designer, Dosen, Executive Chairman IFC Surabaya. Latifah Maurinta Founder Sekolah Menulis Cantik, Transform Youth Ambassador. Listya Ayu, Fashion Designer Muslim and Fashion Education. Dan Endah Riwayati, Guru SLB, Juru Bahasa Isyarat ( SiBi), Konten Kreator Pembelajaran Anak-Anak Tunarungu. Kami menyaring para peserta yang sangat unik dan beragam dengan kriteria pakaian/busana yang digunakan, penampilan saat fashion show (gerakan dan ekspresi).

Setelah melalui penjurian yang panjang, kemudian diputuskanlah sebanyak 20 peserta dinyatakan lolos ke tahap grand final pada 23 Maret 2024. Diantaranya yaitu,

1.       Nayra Calysta Azzahra 11. Maheswara Kayana Towsie

2.       Adelia Risma Wardhani 12. Faza Aulia Rahadiyanto

3.       Amira Hasan Assegaff 13. Nailah Mutiara Nur Azizah

4.       Desmitha Eka Wahyuni 14. Abidah Nur Zahro Aulia Umama

5.       Fitri Candra Dewi 15. Nazhwa Rahma Sabvina

6.       Gilang Fairuz Albani 16. Raissa Putri Aisyah

7.       Inara Yui Wimala 17.  Riska Icha Prasasti

8.       Kaisar Dhirendra Rasidik 18. Rizqi Ahmad Mahendra

9.       Kinanthi Kaelintang S 19.  Sholahuddin Al Faruqy

10.   Lusy Eliana Azhari 20.  Zaskia Noveyrel Syakira

Dan dari dua puluh peserta grand final akhirnya YPKABK bersama dengan juri memutuskan lima Best Performance Awards kepada.

  1. Abidah Nur Zahro Aulia Umama
  2. Kinanthi Kaelintang S
  3. Muhammad Faza Aulia R
  4. Rizqi Ahmad Mahendra
  5. Zaskia Noveyrel Syakira

Selain itu ada juga Best Costume Awards yaitu,

  1. Abidah Nur Zahro Aulia Umama
  2. Kinanthi Kaelintang S
  3. Amira Hasan Assegaff
  4. Rizqi Ahmad Mahendra
  5. Zaskia Noveyrel Syakira

Selamat kepada para juaraaa…

Lalu kenapa sih YPKABK memilih lomba fashion show? Lomba fashion show diadakan sebagai bentuk dukungan kami kepada penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. Kami ingin membuktikan bahwa penyandang disabilitas memang ‘able’ atau mampu. Mampu menjadi individu yang berdaya dalam segala aspek. 

Selain itu, dengan adanya lomba ini, kami berharap kepercayaan diri para disabilitas dapat meningkat. Bahwa mereka dapat tampil di depan publik dengan bangga dan tak malu-malu serta mengekspresikan diri melalui modeling. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
×