Sudah sering dengar kata-kata Paskibra, bukan? Sering sekali kita dengar ketika negara kita merayakan hari Kemerdekaan. Mereka bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih ketika upacara kemerdekaan diselenggarakan.  Ternyata untuk masuk sebuah ekstrakulikuler paskibra secara resmi di SMA Negeri 4 Surabaya pelajar  Kelas X diharuskan membuat kegiatan bakti sosial yang melibatkan masyarakat. Salah satunya bekerjasama dengan yayasan kami, Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus.

Kegiatan ini dimulai dengan doa dan sambutan dari pihak penyelenggara, dengan berbagai tampilan anak-anak ABK, meski dengan segala keterbatasannya mereka mampu menonjolkan kelebihannya. Si Rian contohnya, meskipun Rian mengalami celebral palsy, dengan bersimpuh Rian menampilkan Adzan dengan suara merdunya, lekukan suara dan panjangnya nada Adzan syahdu menyedot perhatian tiap peserta acara ini. Semua setuju bahwa Rian sangat expert dalam memanggil setiap orang untuk mengingatkan ibadah tiap-tiap muslim.

Tegar, selama ini berteman dengan keyboardnya baru mau menyanyi sendiri. Kelincahan jarinya pun berbanding lurus dengan suaranya, Tegar menyanyikan lagu ‘Walau Ku Tak Dapat Melihat’. Ada pula yang menyanyi, anak perempuan yang mau beranjak remaja, Shyrin, dengan lagu Ya Habibal Qolbi’. Ada juga Tania dan Lisa dengan lagu legenda ‘Andaikanku Punya Sayap’. Keterbatasan mereka mampu menembus batas yang sebelumnya tidak mereka ketahui.

Aktivitas yang dirancang panitia membuat anak-anak ABK antusias dengan kegiatan ini, mereka datang di lokasi dengan tepat waktu, kegiatan mereka diisi dengan berbagai macam lomba, ada menggambar bersama-sama, mereka di damping oleh kakak-kakak yang berbaik hati mengarahkan dan menemani selama kegiatan ini berlangsung.

Lalu ada lomba melukis dengan menggunakan jari. Yup, fingerpainting! Anak-anak melukis semau-mau mereka, meskipun begitu hasil lukisan mereka menjadi indah dan natural. Panitia menyediakan hadiah snack yang sangat disuka anak-anak untuk gambar dan lukisan terbaik.

Terimakasih kakak-kakak SMA 4 Surabaya yang mau berbagi dan berperan dalam memberikan kesan yang dalam bagi anak-anak ABK di Yayasan Peduli Kasih ABK.

 

Website Dalam Perbaikan dan informasi dalam website ini masih Sesuai, Terima kasih. Tutup

%d blogger menyukai ini: