Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus merupakan sebuah lembaga non-profit yang bergerak di bidang pemberdayaan bagi keluaga Anak Berkebutuhan Khusus secara gratis dan berbasis di Surabaya. Didirikan sejak tahun 2012, Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus telah berpartisipasi dan menginisiasi berbagai macam kegiatan positif untuk mendorong partisipasi aktif Anak Berkebutuhan Khusus di masyarakat. Enam tahun telah berlalu dan kami masih berusaha berada dalam barisan depan untuk mendukung terciptanya lingkungan yang ramah bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Berdiri Pada 4 April 2012
Berawal dari kegelisahan akan kesejahteraan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Surabaya, Dr. Sawitri Retno Hadiati, dr., MQHC bersama rekan sejawat menginisiasi pembentukan rumah singgah untuk keluarga dengan ABK di Surabaya. Tujuan utama dari rumah singgah ini adalah mengajak keluarga dengan ABK untuk tidak bersembunyi dan membangun komunitas di mana keluarga dengan ABK dapat menemukan rumah. Pada bulan September 2012, komunitas ini resmi menjadi Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus.

Perjalanan Selama Enam Tahun
Layaknya manusia yang memasuki masa kanak-kanak, enam tahun perjalanan belumlah cukup bagi kami karena banyak pelajaran masih menanti di tahun-tahun mendatang. Mengemban semangat bahwa ABK harus dapat mandiri dan berpartisipasi dalam masyarakat, kami mengembangkan program-program dan layanan untuk dapat membantu ABK berperan serta dalam masyarakat. Kerja sama dengan berbagai pihak telah dilakukan dalam penelitian, pembuatan kajian, hingga berbagi ilmu dalam kelas-kelas untuk ABK dan keluarga. Berbagai macam usaha untuk menyebarluaskan isu ABK juga telah kami lakukan bersama radio, sekolah-sekolah, posyandu, puskesmas, komunitas masyarakat, hingga bebagai lembaga pemerintah di berbagai tingkat. Melalui serangkaian usaha ini, kami berharap kesejahteraan ABK dapat terjamin dan kesempatan partisipasi aktif keluarga dengan ABK dalam masyarakat akan semakin terbuka.

Mewujudkan Ruang Inklusi
Mewujudkan adanya harmoni antara masyarakat dan keluarga dengan ABK merupakan tujuan utama yang harus ditunaikan sedikit demi sedikit. Usaha ini telah kami coba mulai melalui berbagai kegiatan inklusi bersama keluarga binaan kami. Setiap tahunnya kami berusaha menjembatani interaksi antara ABK dan non-ABK melalui kegiatan unjuk bakat, kompetisi, kelas pembelajaran, seminar dan talkshow, hingga sekadar diskusi santai sore bersama-sama. Usaha ini juga tercermin melalui dibukanya rekrutmen relawan untuk pemuda-pemuda yang ingin terlibat langsung dalam mewujudkan ruang inklusi bersama kami.

Sumber Dana
Sebagai sebuah lembaga sosial non-profit untuk keluarga dengan ABK, kami selalu memegang teguh prinsip untuk memberikan layanan dengan gratis. Kami tidak memungut dana sepeser pun dari keluarga binaan kami untuk segala jenis biaya operasional dan biaya kegiatan yang dibutuhkan oleh yayasan.

Ingin membantu keuangan kami? Anda dapat membeli produk olahan keluarga binaan kami melalui toko yang kami miliki. Silakan kunjungi instagram @kara.hita atau hubungi 0878-5188-4856 untuk pertanyaan lebih lanjut.

Donasi dapat disalurkan melalui rekening atas nama Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus:
BCA (1303 5671 21)
Bank Mandiri (141 004 494 499)
BNI Syariah (070 948 6596)
Konfirmasi dapat dilakukan melalui SMS atau WhatsApp ke nomor 0821-4369-3900