Yuk, Bijak Menggunakan Earphone untuk Masa Depan Pendengaran Kita!

Telinga adalah indra yang sangat penting bagi manusia. Oleh karenanya, ketika seseorang mengalami gangguan pendengaran, itu akan mengakibatkan ia mengalami gangguan komunikasi. Walhasil berdampak pula pada pekerjaan, pendidikan, hubungan sosial, dan keluarga. 

Bagi para anak, remaja, hingga dewasa, sangat penting kiranya menjaga pendengaran. Di era ini, gangguan pendengaran kerap terjadi dikarenakan penggunaan earphone. Bahkan seluruh dokter THT kini sedang mengkampanyekan supaya masyarakat terutama anak-anak dan remaja untuk bijak dalam penggunaannya. 

Jika tidak bijak dalam penggunaan earphone maupun headset, maka dampak yang dirasakan adalah penurunan kemampuan pendengaran pada 10 atau 20 tahun ke depan. Menurut Dr. Ursula Yudith S, Sp.THT-KL, narasumber pada kelas diskusi #Akademiability di hari Minggu (14/11/21), beliau menyarankan beberapa poin penggunaan earphone dan headset secara bijak. 

  1. Pengaturan volume paling tinggi adalah setengah dari volume maksimal perangkat. Maka lebih baik menggunakan volume di bawahnya. 
  2. Jangan menggunakan lebih dari 1 jam berturut-turut. Jika membutuhkan penggunaan earphone lebih dari satu jam, alangkah baiknya untuk memberi jeda setiap 1 jam sekali dengan 1 jam tidak menggunakan earphone. 
  3. Antara earphone dan headset, lebih baik menggunakan headset karena memiliki bentuk yang lebih besar dan ramah telinga. Artinya, alat bantu mendengar yang besar dan memiliki pelindung di sekitarnya berguna supaya suara dari luar tidak terdengar. Hal tersebut tentu cenderung lebih baik. Jadi, pengguna tidak perlu meninggikan volume karena kebisingan dari lingkungan sekitarnya. Namun, meskipun menggunakan headset tetap terapkan poin-poin ini dengan baik yaa…
  4. Jangan gunakan di keramaian. Jika earphone digunakan di keramaian, artinya pengguna harus meninggikan volume supaya tetap mendengar dengan jelas apa yang ingin didengarkan dari earphone. Sementara hal itu bukanlah penggunaan yang bijak seperti dikemukakan pada poin ke-2. 

Jika telinga aman, maka menggunakan earphone dengan volume tinggi atau terlalu lama akan menjadikan telinga merasa tidak nyaman. Jadi, bijak dalam penggunaan earphone akan sangat berguna pada masa kini dan masa depan penggunanya. 

Pesan dari dr. Ursula Yudith adalah apabila seseorang mengalami penurunan pendengaran baik itu besar atau kecil, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter THT. Sebab masa peka dari telinga sekitar 2 minggu, setelah itu akan sulit kembali normal. Jika mengalami infeksi pun jangan sampai ke THT setelah keluar cairannya. Melainkan saat sudah merasakan ada yang tidak aman di telinga. 

Sebagai pemilik tubuh sendiri, sangatlah penting menjaga pendengaran telinga dengan sesadar mungkin. Sebab kita sendiri yang mengetahui apakah pendengaran sedang baik-baik saja, mengalami gangguan, atau mengalami penurunan kemampuan pendengaran. (NAF).  

Leave a Reply

Scroll to Top
×

Hai, apa yang bisa kami bantu?

× Hai, apa yang bisa kami bantu?
%d bloggers like this: