WeCreativez WhatsApp Support
kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
Hai, apa yang bisa kami bantu?

Perjuangan Muscular Distrophy Menjadi Konsultan Internet Marketing

Habibie Afsyah adalah pengidap Muscular Dystrophy. Yang mana Muscular Distrophy merupakan salah satu gangguan distrofi otot berat yang disebabkan oleh mutasi gen dystrophin. Namun, Habibie dapat menaklukkan gangguan otot tersebut dengan usaha kerasnya hingga menjadi konsultan internet marketing. Meskipun ia memiliki keterbatasan dalam mobilitas, di usia mudanya Habibie telah mampu memiliki finansial yang baik dari jerih payahnya sendiri.

Pada dasarnya ia telah menyukai dunia komputer sejak dini. Mulai mengenal aplikasi-aplikasi yang ada di komputer beserta penggunaannya. Selanjutnya memilah aplikasi yang dapat tubuhnya gunakan dan jika tidak dapat ia gunakan maka ditinggalkan. Seperti meninggalkan aplikasi photosop, karena penggunaannya tidak didukung oleh tubuhnya.

Selain sebuah kegemaran, keahliannya di bidang komputer diasahnya lebih lanjut dengan mengikuti kursus. Kala mengikuti kursus pun Habibie juga mengalami kesulitan perihal kondisi tubuhnya. Jika di rumah tempat duduknya di depan komputer sudah dirancang sesuai kondisi tubuh Habibie, di tempat kursus tempat duduk tetap seperti orang pada umumnya. Jadi Habibie harus beradaptasi dengan kesulitan tersebut.

Sebagai konsultan internet marketing, Habibie sangat merasa diuntungkan. Utamanya bagi ia yang disabilitas, karena pekerjaan tersebut sangat membantu. Manfaat yang utamanya seperti disebutkan Habibie pada kelas diskusi yang diadakan Yayasan Peduli Kasih ABK (03/03/2021), bahwa menjadi internet marketing akan menghemat pengeluaran. Sebab cukup duduk di depan komputer atau laptop, lalu akan mendapat uang dari internet. Tentunya tanpa perlu keluar rumah. Pasalnya, bagi disabilitas seperti Habibie jika keluar rumah dan naik kendaraan umum, harus menggunakan taksi. Sehingga akan mengeluarkan kocek lebih banyak. Itulah mengapa sebagai disabilitas yang menjadi internet marketing dapat menghemat pengeluaran.  

Selanjutnya, Habibie juga menyampaikan bahwa usahanya selama ini dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab ia sudah tidak terus-menerus membebani orang tua. Mama Habibie yang sangat aktif mengarahkan kegiatan Habibie sejak kecil juga telah banyak membantu. Berdasarkan arahan Mama Habibie itulah Habibie mampu menemukan kegemaran yang sesungguhnya. Ditambah orang tua Habibie yang tentunya juga bangga atas kemampuan anaknya yang mampu menghasilkan uang sendiri dari internet.

Dalam bekerja sebagai konsultan internet marketing, Habibie sudah terbilang cukup sukses. Dulu uang yang ia hasilkan ujung-ujungnya selalu habis hanya untuk membiayai berobat ke rumah sakit. Namun, kini ia mendapatkan lebih banyak dan digunakan untuk hal lainnya. Sebelum pandemi Covid-19 ia juga memiliki karyawan tetap. Kini ia bekerja sendiri, tetapi terkadang jika ada karyawan dapat dengan karyawan tersebut. Fokus pekerjaan internet marketing yang digeluti Habibie adalah di website.

Adapun pertanyaan mengenai adanya anggapan negatif orang terhadap kondisi Habibie yang menggeluti internet marketing. Ia pun menjawab, “bisa dibilang saya ini antisosial.” Habibie tidak pernah menghiraukan anggapan-anggapan negatif. Terutama pada awal masa ia bekerja. Orang yang meremehkan atau menyangsikan kemampuan Habibie tentu ada. Namun, tidak ada gunanya juga jika dihiraukan. Toh anggapan-anggapan tersebut tidak ada pengaruhnya sampai sekarang. Atau ketika Habibie pernah ditolak tiga kali oleh ketua pada saat bekerja, ia tidak mempermasalahkan penolakan tersebut. Baginya, sendirian tanpa diketuai sebenarnya lebih nyaman.

Habibie juga menyampaikan pesan kepada teman-teman dengan kondisi serupa maupun tidak. Pesan Habibie, bahwa kunci keberhasilan adalah dengan mengenal diri sendiri sejak dini. Hal tersebut sangat berguna untuk keberlangsungan masa depan. Kita hendaknya mengetahui kegemaran, cara belajar, dan cara menghibur diri sendiri. Contoh dari Habibie, ia sangat menggemari komputer, memiliki cara belajar auditori, dan menghibur diri lebih suka dengan bermain video game daripada keluar rumah bertemu orang.

 *NAF

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: