Belajar dari yayasan MPATI, Cara Mempersiapkan Bekal Masa Depan Anak Autis

Memiliki anak autis tentu menjadi tantangan yang tidak mudah bagi setiap orang tua. Namun, dengan hadirnya tantangan tersebut bukan berarti tidak ada cara dalam mempersiapkan masa depan buah hati. Sejatinya, orang tua dan teman-teman yang normal atau tipikal adalah pilar utama kisah kasih untuk masa depan anak autis. 

Kemampuan apapun pada anak pastilah berguna. Setiap jengkal masyarakat juga hendaknya mengetahui bahwa anak autis sekalipun juga memiliki potensi yang bermanfaat dan patut dihargai. Kemampuan membaca, berbicara, itu sangat penting untuk menjadi setara. Mereka beserta para pendukungnya mengerahkan usaha lebih dalam mencapai kemampuan tersebut bahkan hingga menggapai masa depan yang lebih baik.

Berikut disajikan upaya memberikan bekal masa depan yang lebih baik berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang biasa diajukan para orang tua. Jawaban juga didasarkan pada pengalaman Yayasan Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) yang telah menjalankan program peduli autis sejak 2004.

Meningkatkan konsentrasi pada anak autis

Upaya ini dilakukan oleh Yayasan MPATI atau seorang ahli untuk mengobrol bersama orang tua anak mengenai kondisi dan kekhawatiran baik dari orang tua maupun anak. Mengenai tingkat konsentrasi pada anak autis, tidak dapat disamakan begitu saja dengan anak normal. Biasanya, pada anak autis usia anak dan usia kalender tidak sama. Jadi orang tua tidak bisa mengharapkan anak sesuai dengan usia kalender. Sehingga orang tua dapat mengajarkan secara perlahan dengan penuh ketelatenan dalam meningkatkan konsentrasi pada anak autis.

Jika hendak memberikan kemampuan motorik dan perilaku pada anak misalnya, Yayasan MPATI memiliki video panduan yang dapat diakses di kanal YouTube-nya atau dengan klik link ini

Mengendalikan emosi anak autis terutama masa pubertas

Pubertas ditandai dengan perubahan hormon termasuk mempengaruhi perubahan fisik. Pada kasus anak autis, terkadang emosinya tertunda karena biasanya emosi anak tersebut memang naik turun. Di samping itu, marah-marah sebenarnya juga merupakan bentuk komunikasi. Pada kasus ini, orang tua lebih baik memberikan toleransi yang tinggi dalam menghendakinya.

Ada baiknya juga untuk mengetahui bahwa anak memang sedang melewati masa pubertas. Maka anak juga harus memiliki pengetahuan untuk kebaikan diri sendiri. Anak dapat ditunjukkan dengan pengedukasian pubertas berupa gambar-gambar atau tayangan YouTube yang disediakan ahli supaya penjelasan didapatkan dengan baik.

Diet untuk anak autis

Pertanyaan “bagaimana diet untuk anak autis” sering ditanyakan oleh orang tua. Pada dasarnya, cara diet atau asupan diet ini tetap kembali pada anak. Semua manusia tentu butuh makanan sehat, termasuk anak autis. Untuk diet gula dan semacamnya, lebih baik melakukan observasi dari makanan tersebut terhadap kondisi tubuhnya. Seperti apakah tubuhnya menerima, menolak, terdapat efek samping, semuanya harus ditelaah lebih lanjut guna menghindari daya semangat maupun daya tahan tubuh anak. Sebab kesehatan tubuh dan mampu beraktivitas dengan baik adalah yang utama. Selengkapnya juga dapat disimak pada video berikut.

Yayasan MPATI menangani masalah anak autis dan masa depannya.

Sejak awal berdirinya Yayasan MPATI, yayasan ini mengeluarkan CD Panduan intervensi dini. CD tersebut berisi panduan perilaku, okupasi, dan bicara untuk anak autis. Kini panduan-panduan tersebut sudah dapat ditonton di kanal  YouTube  Masyarakat Peduli Autis Indonesia Yayasan MPATI. Video-video yang disajikan tentu akan sangat membantu orang tua. Sebab meskipun tidak memiliki dana untuk terapi, tetapi orang tua setidaknya tau cara dalam memberikan terapi.  

Yayasan MPATI sendiri memiliki segitiga penangan terpadu autisme. Pertama yang berada di puncak atau yang palin utama adalah “Diagnosa Akurat”. Diagnosa Akurat ini berisikan posted dan slayer yang mencakup tujuh ciri utama  autisme. Poster dan slayer tersebut telah dibagikan dan ditempel pada sposyandu, puskesmas, dan berbagai macam sekolah mulai dari sekolah biasa, sekolah luar biasa, sekolah inklusi, hingga sekolah internasional. Manfaat dari Diagnosa Akurat ini adalah untuk melakukan penanganan lebih lanjut secara tepat. Kini juga telah tersedia video dalam memahami 7 ciri utama autis yang dapat diakses di sini.

Setelah mendapatkan diagnosa yang tepat, MPATI memberikan penanganan berupa “Pendidikan Tepat”. Penanganan ini juga termasuk dengan video YouTube dan ada juga buku berjudul “200 Tanya Jawab Seputar Autisme”. Buku ini mencakup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan real seputar autisme baik dari orang tua maupun masyarakat sekitar.

Kemudian selain pendidikan tepat setelah Diagnosa Akurat, Yayasan MPATI memberikan “Dukungan Kuat”. Pada penanganan tersebut yayasan MPATI juga menyajikan edukasi kepada masyarakat luas. Edukasi dikemas dengan buku komik hitam putih. Sehingga selain anak mampu aktif mmebaca dan mengerti, tetapi juga dapat mewarnai buku tersebut.

Berbagai upaya dapat dilakukan guna memberikan bekal masa depan anak autis. Tentunya juga dengan memberikan usaha tinggi. Sebab usaha tidak akan mengkhianati hasil. Selain menjadi tantangan, menjadi penentu dan pembeda untuk menyukseskan anak. Bagi orang tua juga, alangkah baiknya saling mendukung orang tua lain yang sesama memiliki anak autis. Dengan saling memberikan semangat serta pengalaman, setiap orang tua akan merasa terdukung dan semakin gigih merawat anaknya. Sehingga anak juga akan mendapatkan bekal masa depan yang lebih baik.

NAF*

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: