Yayasan Peduli Kasih ABK Mengadakan Pelatihan dan Coaching serta Pembagian Sembako untuk Orang Tua ABK

Pada bulan April dan Mei 2020, Yayasan Peduli Kasih ABK mengadakan program Ramadhan Berkah yang terdiri dari training, coaching, workshop dan pembagian sembako. Program ini memiliki tujuan untuk membekali orang tua dalam membersamai ABK nya. Materi training, coaching, dan workshop didesain untuk mengoptimalkan potensi, baka, dan minat ABK melalui peran aktif orang tua. Kegiatan dilakukan secara offline dan online mengingat masih adanya pandemi COVID-19

Pelatihan dan coaching

Pelatihan Offline – Mengenali Peran Orang Tua

Pelatihan dan coaching dilakukan dua kali melalui offline dan online. Pelatihan offline diadakan pada Sabtu dan Minggu, 25 dan 26 April 2020 dengan total 25 peserta. Sedangkan pelatihan online dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 9 dan 10 Mei 2020, serta Coaching dari Hari Rabu – Minggu, 13 – 17 Mei 2020. Sebanyak 94 orang tua yang berdomisili di Surabaya, Sidoarjo, dan luar kota bergabung mengikuti acara ini. 

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Dr. Sawitri Retno Hadiati selaku Ketua Yayasan Peduli Kasih ABK. Selain Dr, Sawitri, terdapat empat panelis coaching yang terlibat: dr. Hafidz, SPKJ (Psikiater), Dr. Siti Sundari (Dokter), Marina Noviani (Coach) dan Vivid Sambas (Coach). Materi pelatihan dan coaching yang disampaikan oleh pemateri membahas pentingnya peran orang tua, pengetahuan mengenai pola pembelajaran pada anak, peta kekuatan anak, serta faktor penunjang dan penghambat pada orang tua ABK. Setelah orang tua ABK selesai mengikuti pelatihan, mereka diberi tugas oleh yayasan untuk mengamati kegiatan anak, membuat analisis SWOT dan rencana tindak lanjut. Ketiga tugas ini dibahas selama sesi coaching. Panelis coaching bersama orang tua bersama-sama membahas tugas coaching dengan komprehensif.

Workshop Online

Pelatihan Online Kreativitas Orang Tua

Jumat, 22 Mei 2020, Yayasan Peduli Kasih ABK juga mengadakan workshop online berjudul Kreativitas dan Entrepreneurship Orang Tua dalam Meningkatkan Potensi Remaja Berkebutuhan Khusus. Narasumber dalam workshop online ini meliputi Dr. Sawitri Retno Hadiati (Ketua Yayasan Peduli Kasih ABK), Vivid Sambas (Life Coach Trainer), Dr. Yudi Her (Cardiologist & Entrepreneur), Dr. Siti Sundari (Dokter & Pemerhati Sosial), serta Erna (Orang tua dari remaja berkebutuhan khusus). 

Antusias peserta mengikuti workshop ini tinggi. Sebanyak 100 orang bergabung mengikuti workshop ini. Domisili peserta beragam dari berbagai kota, mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Jakarta, Malang, Semarang, dan kota-kota lainnya.

Pembagian Paket Sembako 

Pembagian Sembako di Kabupaten Sidoarjo

Pembagian sembako dilaksanakan pada Hari Selasa, 19 Mei 2020 dan Hari Kamis, 21 Mei 2020. Sebanyak 300 paket sembako dan 103 uang sebesar 200 ribu dibagikan kepada orang tua yang telah mengikuti sesi training, coaching dan workshop. Teknis distribusi paket sembako dilakukan di 12 lokasi di Surabaya dan Sidoarjo. Untuk pembagian sembako di kabupaten Sidoarjo, panitia bekerjasama dengan pihak kecamatan di Waru, Sedati, dan Gedangan. Program pembagian sembako ini didukung oleh 243 donatur individu dan 9 instansi atau komunitas yang berpartisipasi. 

Dampak Positif dan Kepuasan Program Ramadhan Berkah

Dengan adanya sesi training secara online, jumlah orang tua ABK yang mendaftar dan mengikuti mengalami peningkatan tiga kali lipat dari biasanya dengan total 90 peserta. Sedangkan sesi workshop telah menjangkau orang tua yang berlokasi di lebih dari 15 kota di Indonesia. Mayoritas peserta (85-92%) mengaku puas dengan adanya program Ramadhan Berkah. 

Orang tua merasakan manfaat yang didapat dari pelatihan, coaching dan workshop ini sehingga bisa memotivasi orang tua dalam mendidik dan mengarahkan ABK nya. Beberapa orang tua juga menyarankan, program ini bisa dilanjutkan secara berkala selama dan pasca pandemi COVID-19 dengan rutin diadakan per bulan dan mengundang berbagai narasumber. 

Materi webinar dapat dilihat di link berikut

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: