Halo Teman-Teman!

Hari Sabtu tanggal 7 September 2019 di lantai 2 Royal Plaza Surabaya kemarin, YPKABK mengadakan sebuah Festival Persahabatan yang dilaksanakan setahun sekali. Festival Persahabatan ini bertujuan untuk mendukung terjadinya inklusi antara anak berkebutuhan khusus (ABK) dan masyarakat, sebagai ajang ABK untuk unjuk gigi dan kebolehan, serta melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai disabilitas agar dapat tercipta masyarakat yang ramah terhadap ABK dan disabilitas.

Festival persabatan tahun ini bertema “Literasi untuk Semua”, bersamaan dengan Hari Aksara yang jatuh pada tanggal 8 September 2019. Berangkat dari tema “Literasi untuk Semua”, YPKABK mengadakan tiga acara utama untuk menyemarakkan literasi yang masih perlu dikembangkan di Indonesia, khususnya dalam dunia disabilitas. Acara pertama adalah lomba cerpen, puisi, dan artikel yang memiliki tema kesetaraan pada disabilitas. Selanjutnya, disambung  dengan acara penyerahan hasil donasi buku yang telah dikumpulkan selama satu bulan terakhir kepada taman baca yang membutuhkan. Acara ketiga, puncaknya, adalah bedah buku dan launching buku berjudul “Suara Hati” karangan tiga orang ABK yaitu Isjati, Ratuh Muzayana, dan Fadilla Ayu Nuraini. Buku tersebut berisi tentang kehidupan sehari-hari ABK dan berbagai pandangan ABK mengenai aspek-aspek dalam kehidupan. 

Festival Persahabatan dengan tema “Literasi untuk Semua” dilaksanakan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi. Para ABK menunjukkan berbagai macam kemampuan yang selama ini terus dilatih dan dikembangkan sesuai dengan potensinya. Ada yang membaca Al-Qur’an, menyanyi, membaca puisi, dan pertunjukan fashion.  Menyenangkan sekali ‘kan?

Tidak sampai disitu, dalam acara bedah buku “Suara Hati”, kami menghadirkan  Dr. dr. Inge W. Benjamin, M.Si (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Widaya Mandala Surabaya), Bpk. Dadi Ahdyan Ardiwinata dari Telkomsel, dan Lailanisa Fadlilani, S.I.Kom (Media dan Komunikasi Universitas Airlangga) sebagai moderator. Sungguh banyak hal yang dapat dipelajari dan diresapi!

Festival Persahabatan “Literasi untuk Semua” ini diharapkan dapat menjadi tonggak yang memulai dan mendukung proses peningkatan literasi pada anak dan pada ABK. Selain itu, peluncuran buku “Suara Hati” juga memiliki peran penting sebagai pembuka mata masyarakat akan dunia disabilitas yang membutuhkan perhatian khusus dari masyarakat. So, let’s raise our awareness!

 

Tunggu Festival Persahabatan kami selanjutnya ya! ☺

%d blogger menyukai ini: