WeCreativez WhatsApp Support
kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
Hai, apa yang bisa kami bantu?

Kamis (19/09/19), ABK binaan yayasan mengunjungi PMI di jalan Embong Ploso nomor 7-15, Surabaya. Program ini merupakan bagian dari aktivitas networking, yaitu memberikan wawasan pada orangtua dan ABK binaan yayasan. Kali ini, mereka berkunjung ke PMI di jln Embong Ploso nomor 7-15 Surabaya.

Mengapa PMI? Karena donor darah merupakan aktivitas yang sangat mulia, karena darah yang kita berikan dapat menolong dan menyelamatkan hidup seseorang. Tentu saja kami juga ingin berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

Pada saat sesi presentasi, orangtua dan ABK binaan menerima materi tentang prosedur pelaksanaan donor, termasuk syarat-syarat dan efek samping donor darah. Materi disajikan melalui presentasi, pamflet, dan pemutaran film-film pendek oleh dr. Diany dan Pak Deo.

Ternyata, sebelum melakukan donor darah seseorang perlu memeriksa kondisi kesehatannya dan perlu memenuhi syarat-syarat tertentu seperti:

  • Usia minimum 17 tahun
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Kadar hemoglobin minimal 12,5 g/dl
  • Tekanan darah sistolik 110-16- mmHg, diastolic 60-100 mmHg
  • Bagi penyumbang darah wanita tidak sedang hail atau menyusui.
  • Tidak dalam pengaruh obat-obatan seperti misalnya golongan narkotika dan alkohol, serta tidak menderta penyakit-penyakit seperti: jantung, hati, paru-paru, ginjal, kencing manis, penyakit darah, gangguan pembekuan darah, epilepsy, kanker atau penyakit kulit.

Pemateri juga menjelaskan bahwa secara umum pengambilan darah memerlukan waktu kurang lebih 10 menit, tetapi proses keseluruhan mulai dari pengisian formilir hingga pengambilan darah selesai sekitar 40 menit.

Setelah presentasi materi selesai, orangtua dan ABK binaan diajak berkunjung ke ruang donor untuk melihat proses pengambilan darah. Sehingga tak hanya sekedar materi saja, namun juga berkesempatan melihat proses pengambilan darah secara langsung.

Orangtua ABK yang hadir juga difasilitasi untuk melakukan donor darah apabila berkenan dan memenuhi persyaratan.

Terima kasih PMI atas sambutan ramahnya.

Tunggu petualangan kami selanjutnya, ya!

%d blogger menyukai ini: