Rabu (31/07), anak-anak binaan YPKABK mengikuti pelatihan ICT (Information and Computer Technology) di STIKOM. Program ini merupakan pelatihan yang dilakukan oleh STIKOM dengan sasaran masyarakat umum. Siapa pun diperbolehkan mengikuti pelatihan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komputer, termasuk teman-teman dari YPKABK.

 

Hari ini adalah pelatihan kedua dari sebelumnya yang telah diadakan beberapa minggu sebelumnya. Pertemuan sebelumnya membahas materi pengenalan microsoft word. Hal ini berguna nantinya untuk dasar menulis blog. Lalu pertemuan kali ini membahas tentang cara membuat blog melalui blogspot. 

Langkah awal membuat blog adalah memiliki email. Teman-teman yang sebelumya tidak memiliki email, diarahkan untuk membuat alamat email terlebih dahulu.  Setelah masing-masing memiliki alamat email, baru membuat akun blogspot. Pemilihan blog melalui blogspot karena blogspot adalah produk gratis bawaan google dan cenderung mudah untuk digunakan. Kemudian setelah akun blogspot telah tercipta, kita bisa membuat tampilan blog sesuai keinginan kita. Hal tersebut dilakukan dengan memilih pengaturan, lalu klik tampilan dan teman-teman bisa berkreasi menciptakan tampilan blog sesuai keinginan. 

 

Pengaturan personalisasi blog selanjutnya yaitu mengisi data diri berupa deskripsi blog, alamat, film favorit, buku favorit, kutipan favorit, dan sebagainya. Bagian ini boleh diidi maupun tidak. Jika dirasa informasi ini bersifat rahasia bagi dirinya, maka boleh tidak diisi. Sebaliknya, jika merasa tidak masalah membagikan informasi tersebut, maka boleh diisi.

Kemudian inti dari materi ini yaitu membuat postingan blog. Membuat postingan bisa dimulai dengan mengklik postingan lalu memilih postingan baru. Pada draft kosong itu, kita bisa menuliskan apa saja sesuai dengan apa yang ingin kita tulis pada blog itu. Misalkan blog kita adalah tentang resep makanan, maka kita menuliskan postingan mengenai resep suatu masakan. Postingan tersebut juga bisa kita modifikasi bentuk, warna, serta ukuran hurufnya.

 

Teman-teman YPKABK sangat antusias mengikuti pelatihan membuat blog. Dosen-dosen yang melatih juga begitu cekatan mengarahkan teman-teman untuk membuat blog. Mereka begitu sabar membimbing anak-anak YPKABK agar bisa mengikuti materi tentang pembuatan blog.  Setelah menyelesaikan pembuatan hingga menulis postingan blog, teman-teman YPKABK mem-publish  hasil blognya. Mereka pun senang, bisa membuat blog sendiri sehingga jadi tempat untuk menuliskan ceritanya atau karyanya masing-masing.

%d blogger menyukai ini: