Pada tanggal 29 Juli lalu, Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus menggelar kompetisi bagi Anak Berkebutuhan Khusus dan non-ABK dengan tajuk Festival Persahabatan. Memperingati Hari Anak Nasional dan Hari Persahabatan Internasional, Festival Persahabatan mengundang siswa-siswi se-Surabaya untuk mengikuti beragam lomba mulai dari mewarnai, menggambar, melukis, fashion show, dan membaca puisi. Lomba yang diadakan di BG Junction Mall Surabaya ini dihadiri oleh puluhan peserta dan orang tua sejak siang hingga sore hari.

Selain perlombaan, Festival Persahabatan juga mengadakan panggung seni yang dimeriahkan oleh seniman-seniman difabel. Penampilan solo vocal, pembacaan surat, band, instrumental, dan telling story  menjadi rangkaian yang menutup acara sembari juara-juara lomba diumumkan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang inklusi agar ABK dapat berpartisipasi aktif bebarengan dengan non-ABK melalui kompetisi yang sehat dan adil. Melalui Festival Persahabatan, diharapkan kesadaran akan isu ABK dapat tersebarluaskan melalui potensi-potensi ABK dalam bidangnya masing-masing sehingga dapat membuka ruang inklusi serupa dan menjadi pioneer dalam menanamkan semangat bahwa keberagaman kondisi mental dan fisik tidak akan mengurangi derajat siapapun sebagai manusia. Karena pada dasarnya aku, kamu, kita sama.

 

Dokumentasi Festival Persahabatan dapat diakses di bit.ly/Fp2018

Categories: Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: